Thursday, August 29, 2013

Cara Mengetes Tegel Keramik dan Tegel Granit


1. Cara mengetes tegel keramik polos

Sebelum membeli keramik polos langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu mengetes terlebih dahulu kesikuan sudut antara keramik 1 dengan yang lainnya dalam kardus keramik tersebut.

Apabila sudah dirasa kesikuaanya terpenuhi langkah selanjutnya adalah mengecek panjang dan lebar keramik tersebut apakah sesuai dengan ukuran yang di inginkan, biasanya antara keramik 1 dengan yang lainnya terkadang memiliki selisih ukuran antara 1-2 mm dan terkadang ada yang lebih dari itu jadi selektiflah sebelum membeli. Namun tidak semua merk keramik memiliki selisih ukuran. Fungsi tes ini bertujuan agar dalam pemasangan keramik tidak menyulitkan pekerja, apabila pekerja kesulitan memasang keramik yang disebabkan keramik tersebut tidak seukuran, berdampak pada molornya waktu kerja. Fungsi yang kedua yaitu agar nat (jarak spasi antara keramik) yang dibentuk tidak terlalu melebar.

Langkah selanjutnya yaitu mengecek apakah keramik tersebut menggelembung. Cara mengetesnya yaitu tempelkan keramik satu dengan yang lainnya dengan sisi yang bermotif saling berhadapan, lalu putar salah satu keramik, jika keramik tersebut berputar maka dipastikan keramik tersebut menggelembung. Fungsi tes ini bertujuan agar owner (pemilik) tidak menyalahkan pekerja karena keramik yang dipasang menggelembung. Biasanya alasan yang dilontarkan owner tersebut yaitu pekerja terlalu banyak memberi semen, sehingga nampak menggelembung.

2. Cara mengetes tegel granit

Langkah-langkah yang perlu anda lakukan ketika memilih keramik granit sama dengan memilih tegel keramik, namun ada tambahan yaitu mengecek apakah granit tersebut anti noda. Cara mengetesnya yaitu dengan cara siapkan spidol warna hitam yang berukuran kecil, jangan yang permanen. Lalu coretkan sedikit pada bagian keramik tersebut, tunggu sampai 5 menit. Lalu coba hapus noda spidol tersebut, jika noda tersebut dapat dihapus maka dipastikan granit tersebut anti noda namun jika noda tersebut tidak dapat terhapus maka granit tersebut tidak anti noda.

No comments:

Post a Comment